Selasa, 06 November 2012

teori konsumsi makro


TEORI KONSUMSI

PENGELUARAN KONSUMSI TERDIRI ATAS  PENGELUARAN KONSUMSI PEMERINTAH DAN RUMAH TANGGA. NAMUN DALAM  HAL TITIK TUMPU KITA MEMBAHAS PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA. ADA BEBERAPA ALASAN :
q  PENGELUARAN RUM-TANG MEMPUNYAI PORSI TERBESAR DALAM TOTAL PENGELURAN AGREGAT. UMUMNYA POrSI PENGELUARAN RUM-TANG BEKISAR 50-70%, SEDANGKAN PEMERINTAH BERKISAR 10-20% DARI PENGELUARAN AGREGAT. SHG PENGEL RUM-TANG PUNYA PENGARUH BESAR PADA STABILITAS PEREK.
q  BERBEDA DGN KONSUMSI  PEMERINTAH BERSIFAT EKSOGENUS,MK KONSUMSI RUM-TANG BERSIFAT ENDOGENUS ARTINYA  BESARNYA KONSUMSI rumtang  BERKAITAN ERAT DGN  FAKTOR-FAKTOR LAIN YG DIANGGAP MEMPENGARUHINYA.
q  PERKEMBANGAN MASYARAKAT YG DINAMIS, MENYEBABKAN PRILAKU KONSUMSI JUGA BERUBAH DGN CEPAT

II. FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI

BANYAK FAKTOR YG MEMPENGARUHI BESARNYA  PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA. FAKTOR TSB DAPAT DIKLASIFIKASIKAN MENJADI 3 BESAR :
1.    FAKTOR EKONOMI
2.    FAKTOR DEMOGRAFI
3.    FAKTOR NON-EKONOMI

FAKTOR EKONOMI

EMPAT FAKTOR EKONOMI YG MENENTUKAN TINGKAT KONSUMSI RUM-TANG ADALAH SBB:
ü  PENDAPATAN RUMAH TANGGA(HOUSE HOLD INCOME)
BIASANYA MAKIN TINGGI TINGKAT PENDAPATAN, TINGKAT KONSUMSI MAKIN TINGGI. KARENA KETIKA  TGKT PENDAPATAN NAIK, KEMAMPUAN RUMA-TANG UNTUK MEMBELI KEBUTUHAN  KONSUMSI MENJADI SEMAKIN BESAR. ATAU MUNGKIN POLA HIDUP MENJAI KONSUMTIF.
ü  KEKAYAAN RUMAH TANGGA(HOUSEHOLD WEALTH)
TERCAKUP DLM PENGERTIAN INI ADL KEKAYAAN rIIL(MISAL TANAH, MOBIL RUMAH) DAN FINANSIAL(DEPOSITO,SAHAM DAN SURAT BERHARGA). KEKAYAAN TERSEBUT DPT MENINGKATKAN KONSUMSI ,KERANA MENAMBAH PENDAPATAN DISPOSABEL. MISAL BUNGA DEPOSITO YG DITERIMA TIAP BULAN ATAWA DEVIDEN YG DITERIMA TIAP TAHUN AKAN MENAMBAH PENDAPATAN.DEMIKIAN PULA MOBIL KALO DISEWA. PENGHASILAN TSB DISEBUT NON-UPAH(NON-WAGES INCOME).


ü  TINGKAT BUNGA(INTEREST RATE)
TINGKAT BUNGA TINGGI MAMPU MENGURANGI/MENGEREM KEINGINAN KONSUMSI, BAIK DILIHAT DARI SISI KELUARGA YG SURPLUS UANG MAUPUN YG DEFISIT. DGN TK BUNGA TINGGI MAKA BIAYA EKONOMI (OPPORTUNITY COST) DR KEGIATAN KONSUMSI AKAN SEMAKIN MAHAL. TINGKAT BUNGA TINGGI MENYEBABKAN MENYIMPAN UANG DIBANK TERASA MENGUNTUNGKAN KETIMBANG DIHABISKAN UTK KONSUMSI.

ü  PERKIRAAN TTG MASA DEPAN( HOUSE HOLD EXPECTATION ABOUT THE FUTURE)
JIKA RUMAH TANGGA MEMPERKIRAKAN MASADEPANYA MAKIN BAIK, MEREKA AKAN MERASA LEBIH LELUASA UTK MELAKUKAN KONSUMSI. KARENA PENGELUARAN KONSUMSI CENDERUNG MENINGKAT. DEMIKIAN PULA SEBALIKNYA.FAKTOR INTERNAL YG DIPERGUNAKAN UTK MEMPERKIRAKAN PROSPEK MASADEPAN RUM-TANG ANTARA LAIN : APAKAH AYAh /IBU YAKIN AKAN TETAP MENDAPATKAN PEKRJAAN ?KARIER DAN GAJI AKAN MENINGKAT ? DSB.

FAKTOR DEMOGRAFI

1.   JUMLAH PENDUDUK
JUMLAH PENDUDUK YG BANYAK relative AKAN MEMPERBESAR PENGELUARAN KONSUMSI SECARA MENYELURUH, WALAUPUN RATA-RATA PER ORANG ATAU KELUARGA RELATIF RENDAH. NAMUN PENDPATAN PERKAPITA JUGA AKAN BERPENAGRUH THD TINGKAT KONSUMSI.
2.   KOMPOSISI PENDUDUK.
KOMPOSISI PENDUDUK  SUATU NEGARA DPT DIKLASIFIKASIKAN  BERDASAR : USIA PRODUKTIF, PENDIDIKAN DAN WILAYAH TINGGAL
PENJABARAN SEDERHANANYA SBB:
ü  MAKIN BANYAK PENDUDUK YG BERUSIA KERJA  ATAU USIA PRODUKTIF, MAKIN BESAR TINGKAT KONSUMSI, TERUTAMA BILA MENDAPAT KESEMPATAN KERJA YG TINGGI.
ü  MAKIN TINGGI TINGKAT PENDIDIKAN  MASYARAKAT, TINGKAT KONSUMSINYA JUGA MAKIN TINGGI. SEBAB PADA SAAT SESEORANG/ KELUARGA MAKIN BERPENDIDIKAN TINGGI , KEBUTUHAN HIDUPNYA MAKIN BANYAK.
ü  MAKIN BANYAK PENDUDUK YG TINGGAL DIWILAYAH PERKOTAAN(URBAN), PENGELUARAN KONSUMSI JUGA MAKIN TINGGI. SEBAB POLA HIDUP MASYARAKAT KOTA CENDERUNG KONSUMTIF DI BANDING MASY. PEDESAAN(RURAL).

FAKTOR-FAKTOR NON EKONOMI

TERUTAMA ADALAH FAKTOR SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT (YG BERUBAH).CONTOH KONKRET ADL BERUBAHNYA KEBIASAAN BERBELANJA DARI PASAR TRADISONAL KE PASARSWALAYAN. KEBIASAAN MAKANAN CEPAT SAJI(FAST FOOD), KEBIASAAN UNTUK HIDUP DI APARTEMEN BUKAN DI PERUMAHAN BIASA, DSB.

III. TEORI KEYNES(KEYNESSIAN CONSUMPTION MODEL)
PALING TIDAK ADA 4 TEORI KONSUMSI YG PERLU DIPELAJARI AGAR DPT MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEORI-TEORI MUTAKHIR. SALAH SATUNYA  ADL TEORI YG DIKEMUKAN OLEH JM KEYNES. SELAJUTNYA DISEBUT TEORI KEYNES TTG KONSUMSI.

A.   HUBUNGAN PENDAPATAN DISPOSEBEL DAN KONSUMSI

KEYNES MENJELASKAN BAHWA KONSUMSI SAAT INI SANGAT DIPENGARUHI OLEH PENDAPATAN DISPOSIBEL SAAT INI.MENURUT KEYNES, ADA BATAS KONSUMSI MINIMAL YG TIDAK TERGANTUNG  TINGKAT PENDAPATAN.ARTINYA TINGKAT KONSUMSI HARUS  DIPENUHI WALAUPUN  TINGKAT PENDAPATAN SAMA DGN NOL.(AUTONOMOUS  CONSUMPTION).JIKA DISPOSABEL INCOME MENINGKAT MAKA KONSUMSI JUGA AKAN MENINGKAT,HANYA PENINGKATANNYA TIDAK MELEBIHI PENDAPATAN DISPOSIBEL.
C = C0  +  b.Yd
 
 


DIMANA :
C=KONSUMSI
C0= KONSUMSI AUTONOMOUS
b= MPC
Y=DISPOSEBEL INCOME
0£ b £1






AGAR JELAS PERHATIKAN CONTOH DIBAWAH INI :
PENDAPATAN DISPOSEBEL
KONSUMSI
PERUBAHAN PENDPATAN DISPOSEBL
PERUBHAN KONSUMSI
0
200


1000
1000
1000
800
2000
1800
1000
800
3000
2600
1000
800
4000
3400
1000
800
5000
4200
1000
800





PADA SAAT TKT PENDAPATAN DISPOSEBEL SAMA DGN NOL, TGK KONSUMSI ADALAH 200. HAL INI BERARTI KONSUMSI MINIMAL SAMA DGN 200. KETIKA PENDAPATAN  DISPOSEBEL MENINGKAT MENJADI 1000,2000, 3000 DAN SETERUSNYA, KONSUMSI JUGA BERUBAH. KENAIKAN KONSUMSI DISEBABKAN SETIAP 1000 UNIT KENAIKAN PENDaPATAN DISPOSEBL, SEBANYAK 800 DIGUNAKAN UTK TAMBAHAN KONSUMSI. TERLIHAT BAHWA TAMBAHAN KONsUMSI TDK SEBESAR TAMBAHAN PENDAPATAN DISPOSEBEL.

B.   KECENDERUNGAN MENGONSUMSI MARJINAL(MPC=MARGINAL PROPENSITY TO CONSUME)
ADALAH KONSEP YG MEMBERIKAN GAMBARAN TENTANG BERAPA KONSUMSI AKAN BERTAMBAH BILA PENDAPATAN DISPOSEBEL BERTAMBAH SATU UNIT.


MPC = d C
            dYd
 
 





JUMLAH TAMBAHAN KONSUMSI TDK AKAN LEBIH BESAR DARI PADA TAMBAHAN PENDAPATAN DISPOSEBL, SHG MPC TIDAK AKAN LEBIH BESAR DARI SATU. ANGKA MPC JUGA TDK MUNGKIN NEGATIF,DIMANA JIKA PENDPATAN DISPOSEBL MENINGKAT, KONSUMSI TERUS MENURUN SAMPAI TITK NOL. SEBAB MANUSIA TDK MUNGKIN HIDUP DIBAWAH BATAS KONSUMSI MINIMAL. KARENA ITU    0 £ MPC £ 1. KOEFESIEN  PARAMETER B ADALAH MPC. BESARNYA  MPC MENUNJUKAN KEMIRINGAN(SLOPE) KURVE KONSUMSI.
BERDASARKAN DATA DIATAS DAPAT DIBUAT KURVE KONSUMSI SBB:
KURVA KONSUMSI YG SUDUT KEMIRINGANNYA  LEBIH KECIL DARI PADA  SUDUT 45 DERAJAT MENUNJUKAN BAHWA MPC TDK MUNGKIN LEBIH DARI 1.







 













YG DAPAT DIKATAKAN ADLAH NILAI MPC AKAN MAKIN KECIL KETIKA  PENDPATAN DISPOSEBEL AKAN MENINGKAT .PERTAMBAHAN KONSUMSI MAKIN MENURUN PADA SAAT PENDPATAN DISPOSEBEL MENINGKAT, SHG KURVE /KEBUTUHAN KONSUMSI MAKIN MENDATAR PADA SAAT PENDAPATAN MENINGKAT.
C. KECENDERUNGAN MENGKONSUMSI RATA-RATA( AVERAGE PROPENSITY TO CONSUME)
ADALAH RASIO  ANTARA KONSUMSI TOTAL DENGAN PENDPATAN DISPOSEBEL TOTAL.

APC =    C

            Yd

 
 


KARENA BESARNYA MPC £ 1, MAKA APC £ 1. KALAU DIBUAT TABEL SBB:

PENDAPATAN DISPOSEBL
KONSUMSI
PERUB. PENDAPATAN DISPOSEBL
PERUB. KONSUMSI
MPC
APC
0





1000





2000





3000





4000





5000











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar